Senin, 01 Desember 2014

Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Kab. Kendal

Ekosistem mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang tsunami.
Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya.
Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Pada umumnya, mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam.
Demikian pula di Kabupaten Kendal. Dari 1648 Ha kerusakan hutan mangrove di kabupaten Kendal, dicoba memulai dari kerusakan pantai dan hutan mangrove di sepanjang pantai tawang laut yang sudah mengalami kerusakan 30 ha.
Atas dasar-dasar tersebut diatas, maka dilakukanlah usaha penanaman untuk menjaga kelestarian dan menumbuh kembangkan rasa kepedulian masyarakat maupun LSM/NGO lokal/nasional dan mahasiswa serta generasi muda tentang arti pentingnya ekosistem mangrove. Usaha penanaman ini telah dilakukan oleh dinas terkait dalam hal ini Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, namun masih dibutuhkan berbagai komponen masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam program penanaman mangrove yang sejalan dengan konsep one man one tree, bahkan one man billion tree. Dan secara umum kegiatan ini dalam rangka menumbuh-kembangkan semangat konservasi ekosistem mangrove kepada masyarakat tawang laut dan kalangan LSM/NGO Lokal, mahasiswa dan masyarakat Kabupaten Kendal secara umumnya.
Kegiatan yang diselenggarakan dengan penuh kesederhanaan dan keterbatasan ini tidak akan berhenti sampai disini saja, berawal dari Dusun Tawang Laut Ds. Gempolsewu Kecamatan Rowosari, ke depan juga direncanakan kegiatan-kegiatan yang serupa di 23 titik kerusakan disepanjang pesisir pantai Kendal. Kegiatan yang dikemas dengan melakukan pembibitan yang dilaksanakan oleh masyarakat sendiri sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir dan penanaman serta penyuluhan arti penting dari tanaman mangrove itu sendiri dengan bekerja sama dengan beberapa elemen, baik pemerintah, swasta serta lembaga kemasyarakatan, baik yang ada di lokal, nasional maupun internasional.
Kegiatan yang melibatkan tingkat partisipasi serta kesadaran masyarakat perlu dukungan dari berbagai pihak, utamanya dari pemerintahan kabupaten Kendal, mulai dari yang di atas sampai pemerintahan yang di ada bawah.
Namun demikian secara spesifik tujuan penanaman mangrove pada hari ini yang antara lain :
  1. Meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya ekosistem mangrove bagi kehidupan.
  2. Memberikan pengetahuan masyarakat tentang tata cara membibitkan, menanam, merehabilitasi dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove.
  3. Memberikan pengertian akan kerusakan wilayah pesisir Kendal akibat abrasi dan efeknya terhadap ekosistem.
Karena kegiatan yang sedang dan akan dilakukan setiap 3 bulan sekali ini, diharapkan support serta dukungan dari Pemkab  Kendal dalam mendukung kegiatan ini dengan sepenuh hati, baik dukungan moril maupun materiil.
Peserta kegiatan Pembibitan, Penyuluhan dan Penananman Mangrove di Dusun Tawang laut, Desa Gempol sewu, Kabupaten Kendal, Mangrove for our life” Kepedulian hari ini adalah harapan masa depan 30-31 Desember 2010

Sumber :  http://sekorakyat.org/penanaman-mangrove-di-pesisir-pantai-kab-kendal.html

AYO KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI.....?
KALAU TIDAK SEKARANG KAPAN LAGI.....?

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download